Informasi perawatan bayi, koleksi menu resep makanan sehat balita, serta tips informasi lainnya

Kapankah tepatnya bayi mulai diberikan makanan pertamanya?

Para ahli kesehatan menganjurkan agar pemberian makanan diberikan ketika usia bayi menginjak 6 bulan. Jika kurang dari 6 bulan dikhawatirkan bayi terkena alergi. Hal ini dikarenakan pada saat usia bayi kurang dari 6 bulan, organ pencernaannya belum siap menerima bahan makanan dari luar, terutama protein. Jadi berikanlah ASI eksklusif sampai bayi berusia 6 bulan.

Pemberian makanan tambahan pada bayi bersifat personal, tergantung kebutuhan dasar dan kemampuan pencernaan bayi. Bayi A belum tentu sama dengan bayi B, jadi kepekaan ibu dalam mengamati bayi sangat penting.

Mengenalkan makanan padat pada bayi bisa dibilang gampang-gampang susah. Memberikannya adalah hal mudah tapi bagi bayi sendiri makanan tersebut belum tentu mudah diterima. Menelan makanan adalah keahlian baru yang harus dipelajari oleh bayi. Menutup mulut setelah makanan masuk untuk kemudian membalik makanan dengan lidahnya juga pelajaran baru bagi bayi Anda.

bayi sehat
Jangan heran jika bayi Anda hanya menelan makanannya sedikit saja, sementara sebagian lagi dikeluarkan/ dilepeh. Sebagai orang tua, kita jangan terlalu cepat menyimpulkan bahwa bayi tidak suka makanannya tetapi pahamilah bahwa ia memang sedang belajar mengunyah dan menelan. Di sinilah kesabaran dan ketelatenan orang tua sangat dibutuhkan.

Nah, makanan seperti apakah yang sebaiknya diberikan di awal bayi mengenal makanan?
Ada pendapat yang mengatakan sebaiknya berikan buah terlebih dahulu karena lebih mudah dicerna dan rasanya cenderung disukai bayi. Pendapat lain menyarankan untuk memberikan sayur terlebih dahulu.

Alasannya jika diawali dengan buah, bayi akan cenderung suka rasa manis dan menolak rasa sayuran yang cenderung hambar. Menurut penelitian, ternyata memulai dengan buah tidak membuat bayi menolak sayuran. Makanan awal bayi sebaiknya memang dibuat sedikit manis alami seperti rasa ASI.

Pilihlah sayur atau buah yang rasanya manis, seperti jeruk baby, buncis baby, labu (kabocha), atau avokad. Perhatikan teksturnya, buat seencer mungkin supaya mudah ditelan dan diserap pencernaan bayi. Kenalkan makanan secara bertahap dan sesuaikan porsinya sedikit demi sedikit. Jangan lupa untuk selalu mengontrol suhu makanan, jangan terlalu panas atau dingin.

Di masa perkenalan, makanan bayi sebaiknya tidak langsung diberikan campuran bahan sekaligus. Pada masa ini indera pengecap rasa anak sedang mengalami puncak pertumbuhan dan otak bayi akan merekam aneka rasa. Untuk melatih memori rasa tersebut, perkenalkanlah satu per satu jenis makanan. Beri jeda 3 - 4 hari untuk setiap jenis makanan kemudian bisa dicoba dengan jenis makanan lain.

© 2017 Bayimu.Com - Tentang Bayi/Anak & Tips Info, AllRightsReserved.