Informasi perawatan bayi, koleksi menu resep makanan sehat balita, serta tips informasi lainnya

Kenapa garam dan gula tidak dianjurkan untuk anak di bawah 7 tahun?

Garam dan gula adalah bahan yang sebenarnya tidak perlu dimasukkan ke dalam makanan bayi usia di bawah 1 tahun. Kandungan sodium dalam garam berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Jumlah sodium yang dibutuhkan bayi usia 7 - 12 bulan hanya 0,4 gram sodium atau setara dengan 7 gram garam saja! Sedangkan untuk anak usia I - 3 tahun kebutuhannya 0,8 gram sodium atau setara dengan 2 gram garam.

Jumlah yang sangat sedikit, bukan? Tentunya kebutuhan itu bisa diperoleh bayi dari ASI dan makanan bayi lainnya seperti susu, roti, serealia, atau daging. A/a/?, jika Anda tetap menambahkan garam pada menu makanan bayi, hal tersebut hanya akan memperberat kerja organ dalam bayi Anda, terutama ginjal. Tanpa garam Anda tidak perlu takut bayi akan kekurangan yodium. Yodium masih bisa diperoleh dari ikan laut, daging, sayur, dan buah. Apalagi jika Ibu masih aktif menyusui, yodium juga ada dalam ASI dan susu formula.

Gula adalah sumber energi yang memiliki beberapa jenis dan kegunaan. Gula yang dianjurkan untuk bayi adalah jenis gula buah atau fruktosa karena proses penyerapannya perlahan. Jika ingin memberi rasa manis pada makanan bayi sebaiknya diambil secara alami dari sari buah-buahan. Perlu diketahui bahwa struktur molekul gula serupa dengan struktur molekul vitamin C. Jika kita menambahkan gula, maka vitamin C yang ada dalam tubuh kita akan 'dikalahkan" oleh gula. Selain itu, asupan gula berlebih dapat meningkatkan risiko karies gigi pada bayi.

Madu sebetulnya bisa dijadikan pengganti gula dan baik untuk kesehatan bayi. Namun, penting diperhatikan bahwa madu memungkinkan sebagai tempat berkembangnya bakteri Clostridium botulinum. Spora Bakteri Clostridium botulinum bisa ditemukan di dalam madu alami. Ketika madu masuk ke dalam tubuh dan dicerna oleh bayi, spora dari bakteri ini akan melepaskan toksin yang dapat menyebabkan botulisme atau keracunan serta reaksi alergi. Jadi, sebaiknya tundalah memberikan madu pada bayi sampai usianya menginjak 1 tahun.

© 2017 Bayimu.Com - Tentang Bayi/Anak & Tips Info, AllRightsReserved.