Informasi perawatan bayi, koleksi menu resep makanan sehat balita, serta tips informasi lainnya

Menu untuk Bayi Umur 6 Sampai 12 Bulan

Pemberian makanan pendamping ASI untuk bayi harus dilakukan secara bertahap. Disesuaikan dengan umur dan konsistensi bahan bakunya.

USIA 6—8 BULAN
- Makanan yang diberikan bisa berupa pure, mashed, atau makanan semi solid. Bisa berupa bubur susu atau makanan yang diblender. Bersikan secara bertahap, mulailah sebanyak 2 sendok makan.

- Tiga minggu awal pengenalan MPASI, bayi diberikan makanan berbentuk lumat dan cair. Biasanya terbuat dari tepung beras dan ASI.

- Setelah berhasil, bayi (usia 6-7 bulan) dikenalkan dengan pure buah dan sayur serta sereal atau oatmeal. Kenalkan sayuran berwarna oranye (kentang, wortel) atau hijau haru serea/. Jika ingin memberikan sari buah gunakan perbandingan 1 :1 antara sari buah dan air. Jangan gunakan pemanis tambahan.

- Mulailah dengan pure yang berbahan dasar satu macam bahan agar bayi belajar menerima karakter masing-masing jenis makanan.

- Setelah memasuki usia 8 bulan, bayi dapat diperkenalkan dengan daging cincang dan memberikan minuman menggunakan cangkir atau gelas. Tujuannya untuk melatih kemampuan menelan dan mengunyah. Tekstur makanan harus halus, jika perlu lakukan penyaringan sebanyak 2 kali.

USIA 9—10 BULAN
- Usia bayi yang memasuki 9 bulan secara otomatis bisa diberikan jenis bahan makanan yang lebih beragam dan jumlahnya meningkat.

- Bahan makanan lain yang bisa diberikan antara lain ikan, tahu, tempe, kacang, buncis, keju, kuning telur, polong-polongan, yoghurt, bayam, salmon, tenggiri, dan kuning telur.

- Jangan lupa juga untuk memberikan finger food untuk melatih kemampuan motorik menggenggam.

- Bentuk makanannya berupa bubur cincang atau nasi tim saring yang tidak terlalu halus agar bayi belajar mengunyah.

USIA 11—12 BULAN
- Saat usia ini, bayi dapat diberikan makanan rumahan favorit keluarga. Yang perlu diperhatikan adalah porsi yang lebih sedikit dari orang dewasa dan tekstur makanan yang lebih lembek (nasi tim).

- Tekstur makanan bisa sedikit ditekan menggunakan sendok untuk awal mula perkenalannya. Menu bayi berumur 11-12 bulan sudah hampir sama dengan balita usia 1 tahun.

© 2017 Bayimu.Com - Tentang Bayi/Anak & Tips Info, AllRightsReserved.