Informasi perawatan bayi, koleksi menu resep makanan sehat balita, serta tips informasi lainnya

Penyebab Alergi Pada Bayi

Alergi makanan merupakan penyakit yang paling sering terjadi pada bayi. Banyak sekali penyebab alergi. Penyebab yang paling sering adalah alergi susu sapi atau susu formula, telur, dan seafood. Perlu diingat, orangtua atau keluarga yang memiliki riwayat alergi kemungkinan besar akan menurun kepada anaknya.

Jadi, ibu yang masih menyusui dan memiliki riwayat alergi disarankan untuk menghindari makanan alergen, seperti telur, kacang-kacangan, seafood, atau makanan pemicu alergi. "Pasalnya, alergen (bahan penyebab alergi) dapat langsung terbawa melalui ASI. Cara paling tepat untuk memeriksa alergi terhadap makanan, terutama bagi Anda yang memiliki keluarga dengan sejarah alergi adalah menggunakan aturan 4 hari masa tunggu.

alergi pada bayi
Pada saat Anda hendak memperkenalkan 1 jenis makanan baru pada satu waktu, harus menunggu hingga 4 hari sebelum memperkenalkan makanan baru berikutnya. Sebagai contoh, jika Anda ingin mengenalkan bayi Anda labu kuning pada hari Senin, maka sebaiknya Anda menunggu hingga hari Kamis untuk memngenalkan makanan baru berikutnya. Dengan cara seperti ini, Anda dapat mengetahui dengan lebih baik apakah bayi Anda memiliki reaksi alergi terhadap jenis makanan tertentu atau tidak.

Selain itu, jika terjadi reaksi negatif dari bayi Anda bisa dibedakan apakah reaksi tersebut merupakan reaksi alergi atau masalah organ pencernaannya. Biasanya reaksi alergi akan timbul pada 24 jam pertama, sedangkan masalah pencernaan akibat makanan baru akan terlihat setelah lebih dari 1 hari 1 malam. Setelah Anda memperkenalkan beberapa jenis makanan dengan "Aturan 4 Hari Masa Tunggu", kemudian Anda bisa mencoba mengombinasikan beberapa bahan makanan menu si kecil.

Makanan penyebab alergi antara lain telur, kacang tanah, kacang mede, walnut, ikan, kerang, kedelai, gandum. Alergi terhadap susu, telur, gandum, dan kedelai biasanya akan hilang setelah semakin dewasa.

© 2017 Bayimu.Com - Tentang Bayi/Anak & Tips Info, AllRightsReserved.