Informasi perawatan bayi, koleksi menu resep makanan sehat balita, serta tips informasi lainnya

Cara Menyusui bayi agar Bayi Nyaman Ibupun Senang

Selain harus memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk memberi ASI bagi si kecil, masih banyak “tetek-bengek” lainnya yang harus diperhatikan oleh Bunda saat menyusui.  Secara naluriah, seorang Ibu akan bisa menyusui bayinya tanpa harus diajari, tapi tidak ada salahnya Bunda mengetahui secara "teori"nya bagaimana cara menyusui si kecil:

Saat menyusui, pegang payudara di antara Ibu jari dan telunjuk tepat di atas aerola, dekatkan puting ke arah pipi bayi sehingga menyentuh sudut bibirnya. Ketika mulutnya telah terbuka, perlahan-lahan masukkan puting ke bagian tengah agar bayi dapat menjepitnya. Ulangi dari awal sampai bayi dapat benar-benar “memegang” puting di mulutnya.

cara menyusui bayi

- Pastikan mulut bayi tidak hanya masuk sampai puting, tapi ke seluruh aerola.

- Pastikan bayi tidak menghisap bibir bawah atau lidahnya sendiri.

- Pastikan hidung bayi tidak tertutup payudara. Gunakan jari untuk menekan payudara menjauh dari hidung dan menyediakan cukup ruang untuk bayi bernafas.

- Perhatikan gerakan yang kuat, teratur dan berirama pada pipi bayi, yang menandakan bahwa penghisapan air susu sedang berlangsung.

- Pada hari pertama, susui bayi tidak lebih dari 5 menit setiap sesi, kemudian 10 menit pada hari kedua dan 15 menit atau lebih pada hari ketiga

- Setelah selesai, keringkan puting. Bila mungkin biarkan puting dianginkan-anginkan selama sekitar 10menit untuk menguatkan puting.

- Lalu bagaimana posisi menyusui yang Nyaman?

Baca juga: Pelajari Trik Mencuci Alat Makan Bayi agar Tetap Steril


Selama posisi Bunda dan si kecil nyaman sebenarnya tidak ada aturan khusus bagaimana seharusnya posisi Bunda ketika memberi ASI,  tapi ada dua posisi yang ternyata banyak disukai oleh para Ibu:

Posisi duduk: duduk dikursi atau diranjang dengan sandaran bantal sehingga Bunda merasa nyaman, letakkan bayi di pangkuan beralaskan bantal. Bila bayi masih kecil atau lahir prematur atau Ibu melahirkan dengan operasi Caesar, bayi jangan diletakkan di pangkuan tetapi dekaplah dalam posisi digendong.

Posisi berbaring: berbaring menyamping dengan bantal menunjang punggung dan kepala. Sementara kepala bayi ditunjang lipatan selimut atau kain/handuk agar saat bayi berbaring menghadap Bundanya, mulutnya bisa sejajar dengan payudara.

© 2017 Bayimu.Com - Tentang Bayi/Anak & Tips Info, AllRightsReserved.