Informasi perawatan bayi, koleksi menu resep makanan sehat balita, serta tips informasi lainnya

Perhatikan Perlengkapan Bayi yang Wajib DIbawa saat Bepergian

Bepergian bersama keluarga merupakan saat saat yang menyenangkan. Terlebih lagi jika bepergian dengan maksud liburan dan bersama keluarga besar. Tentunya rencana liburan ini harus disiapkan jauh jauh hari. Menurut anda, apa hal tersulit yang harus dipersiapkan?

Ya, bagi anda yang memiliki bayi, tentu kesulitan nya adalah membayangkan bagaimana banyaknya membawa perlengkapan bayi selama meninggalkan rumah. Namun, jangan sembarangan untuk membawa bayi anda ikut dalam perjalanan jauh. Ada baiknya anda konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk memeriksa kondisi fisik bayi anda.

Umumnya, bayi dengan umur dibawah tiga bulan kurang dianjurkan untuk mengikuti perjalanan jauh karena kondisi fisik yang belum stabil dan juga masih membutuhkan perawatan yang intensif. Namun setelah umur 3 bulan keatas, kondisi fisik bayi akan mulai menyesuaikan sehingga anda mulai bisa mengajak bayi anda untuk melakukan perjalanan. Lalu, perlengkapan bayi apa saja yang wajib anda bawa untuk perjalanan?

perlengkapan bayi saat bepergian

1. Baju Ganti

Ini tentu bawaan yang tidak boleh tertinggal sedikitpun. Ada dua cara untuk membawa pakaian ganti untuk bayi anda. Sebelumnya, pastikan anda sudah menghitung berapa pakaian yang akan dibawa dihitung dengan berapa hai anda bepergian.

Pertama, bawalah pakaian ganti melebihi jumlah hitung anda untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. Pilihan pertama akan lebih memudahkan anda karena sudah membawa cadangan yang cukup, namun barang bawaan anda akan sedikit lebih banyak. Kedua, bawa pakaian ganti secukupnya saja dengan melebihkan sedikit dari perhitungan. Namun dengan resiko anda harus mencuci pakaian untuk cepat digunakan lagi saat bepergian. Tentu ini akan lebih praktis karena meminimalisir bawaan, namun dengan resiko anda harus mencuci. Jadi, yang mana pilihan anda?

Baca juga: Pelajari Trik Mencuci Alat Makan Bayi agar Tetap Steril

2. Peralatan Makan

Jangan melupakan untuk membawa peralatan makan bayi. Hal ini tentu untuk menjaga kesehatan peralatan untuk makan bayi. Lebih baik anda membawa peralatan makan sendiri dari rumah karena memang itu yang digunakan dari awal, dibandingkan menggunakan peralatan makan yang ada.
Dan saat bepergian kemanapun, bawa selalu peralatan makan dengan memasukkan ke dalam box steril atau membawa nya di dalam kotak bukan di dalam tas platik. Selain itu, membawa peralatan makan sendiri juga berguna menghindari bayi dari masalah pencernaan atau sanitasi.

3. Perlengkapan mandi dan alat mencuci peralatan makanan bayi

Jangan pernah lupa dengan peralatan mandi dan apapun yang berhubungan dengan kebersihan dan kesehatan bayi. Selain perlengkapan mandi, selalu bawa lah tisu basah atau tisu pembersih pengganti air. Hal ini penting, jika disaat genting anda tidak mendapatkan air. Pastikan tisu yang anda pilih bebas alkohol, atau bebas bahan kimia yang tidak baik untuk bayi.
Dan jangan melewatkan berbagai peralatan untuk mencuci peralatan makanan bayi. Selain itu, jika anda memiliki kotak steril maka jangan tinggalkan dirumah. Hal ini berguna untuk mengefisienkan waktu ketika anda harus dengan cepat membersihkan peralatan makan si kecil.

4. Kereta dorong dan Gendongan

Ini dia yang harus dibawa saat liburan anda penuh dengan kegiatan jalan jalan. Bawalah kedua benda ini karena anda tidak tahu apa yang terjadi saat nanti di perjalanan. Gendongan yang anda bawa sekarang ini sudah bervariasi modelnya. Bahkan jika anda suka dengan gendongan tradisional, anda bisa membawa kain dengan bahan yang nyaman untuk bayi anda.

Kereta dorong atau stroller juga wajib menjadi peralatan yang harus dibawa, karena saat sedang capek menggendong, anda tetap bisa membawa si kecil jalan jalan dengan kereta dorong. Lengkapi kereta dorong dengan mainan kesukaan bayi anda.

5. Kantong Plastik

Bawalah kantong plastik sebanyak banyaknya dan letakkan pada seluruh tempat yang menurut anda cukup strategis. Letakkan pada saku belakang kursi mobil, tas anda atau kantong pada stroller bayi anda. Tentu kantong plastik akan dibutuhkan dalam berbagai hal.

Anda akan membutuhkan saat membersihkan popok bayi, membersihkan makanan, mengemas barang barang atau pakaian kotor atau wadah pakaian basah. Jadikan kantong plastik wadah sementara untuk sampah sampai anda menemukan tempat sampah. Hal ini untuk menjaga anda sebagai orang yang peduli lingkungan.

6. Perlak dan Selimut

Alas atau perlak kecil ini sangat berguna dan wajib anda bawa. Saat anda ingin menggantikan popok atau pakaian bayi, maka pakai perlak ini. Tujuannya agar tidak meninggalkan noda pada kasur, jok mobil atau dimanapun anda akan mengganti pakaian bayi anda. Selain itu, perlak juga berguna saat bayi anda tidur jika si kecil tidak menggunakan popok saat tidur.

Sedangkan selimut dibawa untuk cuaca yang tidak terduga. Kondisi fisik bayi yang belum sekuat orang dewasa tentu memerlukan perlindungan dan perhatian yang lebih. Dengan cuaca yang tak menentu, perubahan yang ekstrem dan musim pancaroba, kita tidak bisa memprediksi hal tersebut. Maka dari itu bawalah selimut untuk mengantisipasi suhu ekstrem yang menyerang bayi anda.

7. Lampu malam atau Lampu Emergency

Tak ada hari yang anda lewati tanpa melewati malam. Maka dari itu bawalah lampu malam atau lampu emergency kecil untuk mengantisipasi jikalau saat malam hari anda masih di perjalanan dan memerlukan waktu untuk mengganti pakaian bayi anda. Tentu akan sulit mencari cahaya, maka dari itu bawalah selalu lampu malam kecil.

Selain untuk kebutuhan bayi, lampu emergency juga berguna jika ditengah keadaan darurat kita membutuhkan penerangan namun tidak ada penerangan. Selalu pastikan tenaga atau baterai penuh sebeum dan setelah penggunaan.

8. Obat Obatan

Jika orang dewasa saja harus membawa obat obatan saat bepergian, begitu pula dengan bayi anda. Kondisi fisik bayi yang belum stabil, maka tidak bisa sembarangan juga mengonsumsi atau menggunakan obat yang bukan dari dokter.

Maka dari itu sebelum bepergian, pastikan bahwa anda sudah memeriksakan kondisi bayi anda dan meminta obat atau vitamin yang harus dibawa untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan. Selain itu, bawa juga minyak kayu putih untuk menghangatkan tubuh. Setelah selesai mandi selalu oleskan pada tubuh bayi untuk menghangatkan tubuh. Karena kulit bayi yang masih tipis sehingga tidak akan kuat menghadapi udara luar yang selalu berubah ubah.

© 2017 Bayimu.Com - Tentang Bayi/Anak & Tips Info, AllRightsReserved.